POTENSI DESA SUMERTA KAJA

  • 07 Agustus 2018
  • Oleh: sumertakaja
  • Dibaca: 92 Pengunjung
POTENSI DESA SUMERTA KAJA

 

Desa Sumerta Kaja merupakan salah satu desa yang terletak di Denpasar Timur. Desa Sumerta Kaja sendiri memiliki 6 banjar aktif, yang mana masyarakatnya mayoritas berprofesi sebagai pegawai negeri atau pegawai swasta. Disamping itu, Desa Sumerta Kaja memiliki potensi desa khususnya di bidang usaha bisnis, salah satunya adalah Usaha Lukisan, yang mana usaha tersebut dijalankan oleh masyarakat asli Desa Sumerta Kaja.

Satu-satunya usaha lukisan di Desa Sumerta Kaja dimiliki oleh Ketut Budiarta, yang telah beroperasi sejak tahun 2006. Berlokasi di Jalan Kenyeri Gang Pucuk No. 7, Sumerta Kaja, Denpasar Timur, pemasaran lukisannya dilakukan dengan sistem dititipkan di toko-toko lukisan maupun dipasarkan dengan system mouth-to-mouth (mulut ke mulut). Nama usaha lukisan milik Ketut Budiarta sendiri adalah Arta Art Studio. Biasanyapengerjaan lukisan dilakukan selama dua hari dengan tarif yang beragam, dengan contoh, pengerjaan sketsa dua wajah dikenakan harga Rp700.000 dan jika ditambah dengan beberapa modifikasi akan dikenakan harga yang berbeda pula. Sejauh ini Arta Art Studio hanya dapat dihubungi melalui WA dengan nomor 081805688964 atau bisa langsung menghubungi social media Facebook milik Ketut Budiarta “Budi Lien’Zhi U”.

Potensi desa yang kedua adalah usaha prada Candra Sari Collection milik I Made Jawi yang telah berdiri sejak tahun 1989 yang dimulai dengan usaha yang dirintis dari rumah kediaman I Made Jawi yang lalu kemudian mulai membuka tempat usaha pada tahun 1996. Candra Sari Collection bukan hanya mempekerjakan karyawan namun juga membina karyawannya yang masih berada di usia sekolah dengan harapan kedepannya dapat membangun usaha mandiri di masa depan. Saat ini Candra Sari Collection mempekerjakan 1 (satu) orang tukang jahit dan 2 (dua) orang tenaga produksi.

Candra Sari Collection menyediakan berbagai pilihan busana bali dan prada, seperti, udeng dan saput, busana adat bali, busana pengantin, perlengkapan pelinggih (wastra), busana penabuh, dan juga menerima pesanan langsung produksi.

Konsumen Candra Sari Collection sangat beragam, mulai dari masyarakat lokal sampai dengan msyarakat Asia dan mancanegara. Sampai saat ini Candra Sari Collection masih eksis sebagai salah satu perusahaan pembuat prada di Denpasar.


  • 07 Agustus 2018
  • Oleh: sumertakaja
  • Dibaca: 92 Pengunjung

Artikel Terkait Lainnya

I Wayan Purna

Apakah Informasi yang tersaji pada Website Desa Sumerta Kaja?